Thursday, January 6, 2011

Kacang Kedelai

Kacang Kedelai Dapat Mencegah Kanker dan Kebotakan

kacang kedelai banyak manfaatnya bagi kesehatan. Pesan yang biasa dilontarkan banyak orang itu benar adanya. Sejumlah unsur aktif dalam kacang kedelai memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh kita.

Diantaranya, mampu mencegah kanker, termasuk kanker prostat yang menyebabkan pria kehilangan kemampuan seksual. Juga bermanfaat mencegah kebotakan. Hal itu disebabkan kacang kedelai memicu produksi molekul pencegah kanker prostat dan kebotakan pada pria.

Molekulnya disebut Equol, dihasilkan disaluran pencernaan, ketika produk makanan dari kacang kedelai dicerna. Hal ini merupakan hasil penelitian lanjutan yang dilakukan tim peneliti Universitas colorado, Universitas Brigham Young dan Rumah Sakit Anak-Anak Cincinnati.

Penyebabnya, warga Jepang mengkonsumsi kacang kedelai dalam bentuk olahannya yakni tahu, dalam jumlah cukup banyak. Inilah yang menjelaskan, mengapa kasus kanker prostat dikalangan warga jepang, relatif kecil. Equol yang dihasilkan, ketika mencerna kacang kedelai, terbukti merupakan pelindung serangan kanker dikalangan warga Jepang.

Salah satu penjelasan logisnya, Equol yang menghambat fungsi hormon yang merugikan, tapi membiarkan hormon yang menguntungkan, mencegah proses kebotakan akibat gangguan hormonal tersebut. Juga khasiat Equol, yang berfungsi mendorong aktifitas hormon wanita estrogen, diduga menghambat proses rontoknya rambut akibat pengaruh hormon lelaki testosteron.

Konsumsi makanan olahan dari kacang kedelai seperti tempe meningkatkan daya tahan terhadap kanker. Selain mengkonsumsi kacang kedelai olahan, anda juga dapat mengkonsumsi susu kedelai bubuk. Saat ini susu kedelai bubuk yang paling banyak di minati oleh orang adalah susu kedelai bubuk melilea. Yang sangat terkenal dengan sebutan Melilea Organic Soya Drink. Baca selengkapnya Melilea Organic Soya Drink di sini.


Silahkan Baca Artikel Dibawah ini yang berhubungan dengan kedelai
  1. Manfaat Susu Kedelai atau Kacang Kedelai
  2. Susu Kedelai Melilea
  3. Soya Beans atau Susu Kacang Kedelai
  4. Manfaat Isoflavone dalam susu kacang kedelai
  5. Apa itu pengertian isoflavon
  6. Soya Powder atau Susu Bubuk Kedelai

22 comments: